Assalamualaikum, selamat datang di Apriani Blog's

Minggu, 30 Juni 2013

KLEPTOMANIA ??? 


Kleptomania dikalangan masyarakat belum dikenal secara umum. Kleptomania adalah penyakit jiwa yang membuat penderitanya tidak bisa menahan diri untuk mencuri. Kleptomania tidak bisa disamakan dengan pencuri, karena mencuri lebih bersifat ingin memiliki karena tidak mampu membelinya sedangkan kleptomania disebabkan oleh dorongan yang kuat untuk mengambil tanpa sebab yang jelas.

Kleptomania dapat muncul pada masa puber dan ada sampai dewasa. Pada beberapa kasus kleptomania dapat diderita seumur hidup. Kleptomania dapat muncul setelah terjadi cedera otak traumatikdan keracunan karbon monoksida.



Penderita biasanya merasa tegang subjektif sebelum mencuri dan merasa lega setelah mencuri. Terkadang penderita kleptomania mengambil barang yang tidak dibutuhkan olehnya, misalnya seorang anak mengambil sepatu yang bukan ukurannya. Penderita akan merasa bersalah saat tertangkap basah sedang mengambil barang orang lain, namun mereka sulit untuk mengendalikan dorongan mengambil barang orang lain.

Ciri ciri penderita kleptomania :

  1. Muncul rasa tegang dan antusias sebelum dan saat mengambil suatu barang
  2. Ada kegembiraan (eforia) tersendiri setelah mengambil barang yang diidamkannya
  3. Penderita kleptomania tidak membutuhkan teman sehingga mereka tidak memulai persahabatan
Untuk mengatasi kleptomania, penderita membutuhkan terapi rutin untuk menumbuhkan rasa empati dan mengalihkan rasa emosi untuk melatih diri meredam perasaan ingin mengambil barang milik orang lain. Disamping terapi penderita juga membutuhkan dukungan dari orang-orang yang dekat dengan nya dan orang yang sangat disayanginya.

Apa teman-teman punya sodara yang mengidap kleptomania?? :)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar